Selamat Datang di Blog Komunitas Baradatu.Media Informasi Online Baradatu dan Way Kanan.Untuk Informasi dan Umpan Balik Silahkan Kontak Admin.Terima Kasih.

Jumat, 03 Juli 2009

Antisipasti Berkembangnya Nyamuk AI


Laporan/Editor: Hermansyah

Blambangan Umpu-Mengantisipasi berkembangnya nyamuk Aedes aegepty diwilayah Keluharan Blambangan Umpu Kabupaten Waykanan, khususnya di daerah stasiun Kereta Api (pasar) Kelurahan Blambanan Umpu, kemarin (3/7), Puskesmas Blambangan Umpu dan Kecamatan Blambangan Umpu melakukan pembersihan lingkungan, dengan mengerahkan seluruh staf puskesmas, staf Kecamatan dan staf Keluharan Blambangan Umpu dengan dipimpin langsung oleh Camat Erlan, Kepala Puskesmas Arlan dan Lurah Blambangan Umpu, A. Saad.

“Berdasarkan laporan yang kami terima dari kepala Puskesmas Blambangan Umpu bahwa daerah stasiun Blambangan Umpu merupakan endemis DBD. Itu dibuktikan dengan adanya beberapa warga setempat yang terserang DBD,” ujar Camat Blambangan Umpu, Erlan, yang pagi itu bersama-sama dengan Kepala Puskesmas Blambangan, Arlan, memimpin langsung kebersihan lingkungan dari stasiun menuju kantor camat dan puskesmas sejauh 1 Km. Karena itu, pihaknya akan mengaktifkan kembali gotong royong kebersihan yang melibatkan seluruh masyarakat. “ Apabila lingkungan tempat tinggal kita sehat, yang paling pertama merasakan manfaatnya dalah warga itu sendiri, karena secara otomatis dengan lingkungan yang sehat warganya pun akan selalu sehat,” katanya.

Sementara itu, Kepala Puskesmas Blambangan Umpu, Arlan mengatakan, kegiatan itu dilakukan bersama-sama dengan unsur pimpinan Kecamatan Blambangan Umpu didasari dari kejadian yang menimpa Kecamatan Gununglabuhan, yang saat ini hampir semua kampung diduga sebagai endemis Chikungunya.

“Kalau puskesmas akan melakukan penyemprotan, prosedurnya harus lapor dulu ke Dinas Kesehatan Waykanan, akan tetapi yang kami lakukan ini adalah antisipasi berkembangnya kembali nyamuk penyebab DBD,” ungkapnya. Ternyata, hal ini mendapat sambutan yang sangat baik dari masyarakat, itu dapat dilihat dari antusiasnya warga membantu melakukan kebersihan lingkungan.

Menurut Arlan, hendaknya masyarakat dalam kehidupan sehari-hari membiasakan hidup sehat dalam ingkungan yang sehat. Karena itu, warga harus membiasakan pula melakukan 3 M, yakni mengubur, menutup dan membersihkan lingkungan, karena dengan kebiasaan tersebut manfaatnya akan langsung dirasakan oleh masyarakat. (*)

Related Posts by Categories :



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 

Dirimu adalah bayanganmu sendiri yang akan segera sirna dalam pancaran matahari. Segeralah kau tatap caha-Nya!(Jalaluddin Rumi)

Recent Post

Recent Comments

Woro-Woro

Bagi anda masyarakat Baradatu Khususnya dan Masyarakat Way kanan Umumnya yang berminat menjadi Kontributor/Penulis di blog Komunitas Baradatu(Kobara) atau anda memiliki informasi yang menarik seputar Baradatu dan Way Kanan silahkan kirim email ke : bu_kit_kemuning@yahoo.co.id dengan Subjek : Kontributor Posting blog Kobara.
demikian Pengumuman ini dibuat atas Perhatiannya di ucapkan terimakasih.

*Admin