Selamat Datang di Blog Komunitas Baradatu.Media Informasi Online Baradatu dan Way Kanan.Untuk Informasi dan Umpan Balik Silahkan Kontak Admin.Terima Kasih.

Kamis, 15 Oktober 2009

Potensi Pertambangan Waykanan Belum Optimal

Laporan /Editor : Wartawan RNN

BLAMBANGAN UMPU-Potensi pertambangan yang dimiliki WayKanan cukup banyak. Namun sayang, potensi pertambangan yang dapat menambah Pendapatan Asli Daerah (PAD) tersebut sampai kini belum banyak yang dapat dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya karena keterbatasan.

Kepala Bidang Pertambangan Drs. H Rinaldy MM saat mendampingi Kepala Dinas Ir. Kussarwono MP saat di konfirmasi kemarin di ruang kerjanya (13/10) mengungkapkan.Potensi pertambangan tersebut seperti Batu mangan, BatuBara, Kaulin, Marmer, Emas. Yang mana, potensi pertambangan tersebut tersebar di beberapa Kecamatan yang ada di wilayah WayKanan.

Menurutnya, terdapat sembilan kuasa pertambangan sudah telah terdaftar saat ini. Akan tetapi yang telah berjalan hanya satu yakni di Kecamatan Banjit.Contohnya seperti batu mangan. Jumlah bahan galian Batu mangan tidak sesuai dengan pengeluaran. Selain itu juga harga batu mangan pun terkadang tidak stabil. Sehingga dapat merugikan investor.

“Terkadang Investor merugi dikarenakan harga batu mangan tidak stabil akibat terjadinya krisis Global. Selain itu Investor juga sering kali tidak melakukan survey atau sejenis penelitian ke lapangan terlebih dahulu. Sehingga pada saat mereka melakukan penggalian sering kali nihil atau ternyata tidak ada batu mangan di lapangan ”. ujarnya.

Tambahnya, selain batu mangan terdapat juga batubara yang letaknya di Kecamatan Waytuba. Dan saat ini sedang dalam proses peningkatan status kuasa pertambangan dari eksplorasi menjadi eksploitasi. Dan bahkan sudah dilakukan penelitian bahwa memang benar di Kecamatan Waytuba terdapat batubara

“Apabila di bandingkan dengan batu mangan yang ada di Kabupaten Tanggamus, maka batu mangan yang ada di WayKanan lebih baik. Karena batu mangan WayKanan memiliki kadar kualitas 35 sampai dengan 55 persen. Selain batu mangan, batubara. Kecamatan Waytuba juga memiliki kaolin, marmer dan tambang emas .”tuturnya.

Atas dasar tersebut ulasnya, ia menghimbau pada Investor agar melakukan penelitian terlebih dahulu saat sebelum melakukan penggalian. Sehingga saat mereka melakukan penggalian mereka tidak merasa di rugikan. Karena sering kali terjadi para investor melakukan penggalian ternyata hasilnya kosong. (radar way kanan afilisasi kotabumi)

Related Posts by Categories :



Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

 

Dirimu adalah bayanganmu sendiri yang akan segera sirna dalam pancaran matahari. Segeralah kau tatap caha-Nya!(Jalaluddin Rumi)

Recent Post

Recent Comments

Woro-Woro

Bagi anda masyarakat Baradatu Khususnya dan Masyarakat Way kanan Umumnya yang berminat menjadi Kontributor/Penulis di blog Komunitas Baradatu(Kobara) atau anda memiliki informasi yang menarik seputar Baradatu dan Way Kanan silahkan kirim email ke : bu_kit_kemuning@yahoo.co.id dengan Subjek : Kontributor Posting blog Kobara.
demikian Pengumuman ini dibuat atas Perhatiannya di ucapkan terimakasih.

*Admin